60 Atlet Ikut Seleksi PPLP NTT

LEBIH dari 60 atlet mengikuti seleksi atlet untuk masuk dalam Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) NTT yang digelar di Kupang, Jumat (22/1/2010). Seleksi dilakukan untuk merekrut 34 atlet dari cabang tinju, atletik, pencaksilat, sepaktakraw dan taekwondo.

Ketua PPLP NTT, Ronny Fernandez, S.E, saat seleksi mengatakan, seleksi meliputi tes fisik dan tes kecabangan. Menurut Ronny, daerah yang mengirim atletnya untuk mengikuti tes, yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Lembata, TTS dan Belu.

"Kondisi cuaca menjadi penyebab daerah lain tidak bisa mengirim atletnya. Tes fisik ditangani langsung oleh dosen olahraga dari Undana di laboratorium olahraga Undana sedangkan tes kecabangan dikoordinir pengurus propinsi cabang olahraga masing-masing," ujar Ronny.

Koordinator tes fisik, Drs. Lukas M Boleng, M.Pd, yang ditemui mengatakan, tes fisik meliputi beberapa item di antaranya, fleksibilitas, daya ledak, ketahanan, jangkauan dan lainnya. "Ini hanya tes dasar. Nanti setelah mereka masuk di PPLP dites lagi untuk mengetahui fisik yang sebenarnya," jelas Lukas.

Kepala Bidang Keolahragaan Dinas PPO NTT, Drs. Ary Moelyadi, M.Pd, sebagai pengelola PPLP NTT, mengatakan, peserta tes tidak otomatis lolos. "Tes ini ditangani langsung oleh tim independen dan pengurus cabang olahraga. Kami sebagai pengelola hanya menerima hasil bahwa inilah atlet yang layak masuk PPLP," jelas Ary.

Menurut Ary, cabang baru di PPLP NTT adalah taekwondo. Taekwondo, kata Ary, masuk PPLP karena selain dipertandingkan di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), juga sudah menunjukan prestasinya. "Selain taekwondo, untuk atletik sesuai arahan Ketua Harian KONI, Pak Esthon, kalau yang lalu hanya untuk nomor lari, kali ini juga untuk nomor lempar. Mudah- mudahan seleksi ini bisa mendapatkan atlet potensial untuk dibina di PPLP NTT," kata Ary. (eko)


Pos Kupang 24 Januari 2010 halaman 8

Posted in Label: , |

0 komentar: