Angkasa dan Platina Juara Voli

TIM Angkasa memastikan diri menjadi yang terbaik dalam kejuaraan bolavoli antar-klub se-NTT perebutan Piala Gubernur yang digelar STIKES Nusantara, Kupang. Dalam final yang berlangsung di GOR Flobamora Kupang, Selasa (26/5/2009) malam, Angkasa mengalahkan Ropeds-TTS, 3-1. Di kelompok putri, Platina berhasil menjadi yang terbaik setelah mengalahkan IVAM.

Partai final antara Angkasa melawan Ropeds berlangsung menarik. Lebih dari 5.000 penonton yang memadati GOR Flobamora, Kupang, benar-benar dihibur oleh permainan berkelas nasional yang disajikan kedua tim. Angkasa, tim asuhan Nelson Noach yang merupakan tim juara antar-klub di Jakarta itu, menurunkan semua pemain terbaiknya. Angkasa langsung merebut set pertama dan kedua dengan skor 25-17 dan 25-15.

Ropeds yang didukung mayoritas penonton berhasil bangkit dan memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 setelah menang 25-21 di set ketiga. Set keempat pun berlangsung menarik. Rotasi pemain yang dilakukan tim Angkasa membuat Ropeds langsung tertekan. Kualitas pemain pengganti yang tidak berimbang dengan pemain utama, membuat pelatih Ropeds, Adi Patipelohi tidak punya pilihan lain. Akibatnya, pemain-pemain utama dipaksakan meladeni Angkasa sehingga stamina mereka pun melorot. Angkasa akhirnya menyudahi perlawanan Ropeds setelah memenangkan set keempat dengan skor 25-16. 

Pada perebutan posisi ketiga, IVAM, Kabupaten Kupang berhasil mengalahkan Teratai A dengan skor 3-2. Partai antara IVAM melawan Teratai A berlangsung monoton. Pemain kedua tim nampak tak begitu ngotot bila dibandingkan dengan penampilan mereka di babak semifinal. Meski demikian, kejar- mengejar angka berlangsung ketat, sehingga IVAM harus memastikan gelarnya hingga lima set pertandingan.

Di kelompok putri, Platina memastikan gelarnya setelah mengalahkan IVAM, Kabupaten Kupang dengan skor 3-1. Set pertama, Platina bermain tidak begitu kompak. Nia dan Ina Faot yang menjadi motor permainan Platina tidak begitu hidup. Meski demikian, Platina merebut set pertama dengan skor 25- 19. Di set kedua, giliran IVAM yang menang dengan skor 25- 16.

Set ketiga dan keempat, Platina tidak memberikan kesempatan kepada IVAM. Koordinasi permainan yang cukup bagus membuat anak-anak asuhan Pace Fomeni dan Melkisedek L Madi ini menang dengan skor 25-17, 25-15. IVAM seharusnya bisa mengimbangi Platina, kalau saja Ani dimaksimalkan. Sayangnya, perjuangan Ani tidak didukung pemain lainnya yang malah sering melakukan kesalahan sendiri.

"Saya sempat tegang di babak pertama dan kedua karena anak- anak sering membuat kesalahan sendiri. Namun, motivasi mereka untuk memenangkan pertandingan cukup tinggi sehingga bisa bangkit. Modal kami untuk menang adalah percaya diri dan yakin bisa mengalahkan lawan," ujar pelatih Platina, Pace Fomeni, usai pertandingan.

Pada perebutan posisi ketiga, tim Mawar asal Kabupaten Kupang berhasil mengalahkan Teratai, Kota Kupang dengan skor 3-0. Teratai, yang kalah postur dan teknik, dalam pertandingan ini tak mampu berbuat banyak. Pasalnya, Mawar yang menurunkan semua pemain terbaiknya bermain kompak dan disiplin di semua lini. (eko)

Posted in Label: |

0 komentar: