O2SN: Tingkatkan Disiplin Anak


ANAK yang berprestasi baik di bidang olahraga maupun pendidikan harus dididik dan dilatih sejak usia dini. Yang paling utama dalam peningkatan prestasi adalah penerapan disiplin. Untuk itu, disiplin terhadap anak harus ditingkatkan lewat kegiatan olahraga. 

Demikian dikatakan Wakil Gubernur NTT, Ir. Esthon L Foenay, M.Si, ketika membuka pertandingan dan lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD tingkat Propinsi NTT di GOR Flobamora, Kupang, Senin (1/6/2009).

Esthon mengatakan, kegiatan O2SN merupakan olahraga yang bertemakan pendidikan, sehingga para guru pendamping harus benar-benar memahaminya. "Pertandingan dan lomba di sini bukan hanya semata-mata dimaksudkan untuk mencari yang menang atau kalah, tapi nilai pembelajaran apa yang harus dipetik mereka. Untuk itu, bertandinglah secara sportif dan usahakan untuk menyelesaikan semua persoalan dengan hati yang dingin," ujarnya.

Usai upacara pembukaan diikuti dengan pertandingan perdana dari cabang bolavoli mini putri antara TTS melawan Alor. Dalam pertandingan ini, TTS yang diunggulkan, langsung kalah dua set dari Alor. TTS beruntung berhasil mengalahkan Sikka 2-0 dalam pertandingan keduanya, sehingga masih memiliki peluang untuk lolos ke putaran perempatfinal. Hasil bolavoli mini putri lainnya yang diperoleh dari panitia, Drs. Lambert Tukan, M,M, Manggarai Barat vs Sumba Barat Daya, 2-0, Sumba Barat vs Kupang 2-0 (WO), Kota Kupang vs Ende, 2-0, Lembata vs Sumba Tengah, 2-0, Manggarai Timur vs Flores Timur, 2-0, Belu vs TTU, 2-0, TTS vs Sikka, 2-0.

Dari cabang sepakbola mini putra, tim Alor tampil sangat cemerlang ketika membantai tim kuat Kota Kupang, 5-1. Juara bertahan, Manggarai Barat juga menebar ancaman setelah menang 4-0 atas TTU. Hasil lainnya, Ende vs Belu 1-1, TTS vs Nagekeo 2-1, Sumba Barat Daya vs Sumba Timur 3-0, TTU vs Manggarai Barat 0-4.

Hasil cabang sepaktakraw beregu putra, yang diperoleh dari koordinator sepaktakraw, Robert Tetikay, Manggarai Barat vs Manggarai Timur 2-0, Flores Timur vs Lembata, 2-0, Alor vs Sumba Tengah, 2-0, Kupang vs Nagekeo, 2-0, Manggarai vs Rote Ndao, 2-0, Belu vs Kota Kupang, 2-0 dan Sumba Barat Daya vs Sumba Timur, 2-0. (eko)

Posted in Label: |

0 komentar: