SSB Tunas Muda Memukau

Timor Sea Cup di Australia

TIM SSB Tunas Muda U-18 yang mewakili NTT dalam turnamen sepakbola Timor Sea Cup 2008, 17-20 September di Darwin- Australia tampil memukau. Selain merebut peringkat ketiga, Jevon Adu dkk juga memukau penonton dan petinggi Australia dalam atraksi peragaan skill memainkan bola.

Pelatih SSB, Anton Kia, yang ditemui, Sabtu (27/9/2008), tak menyangka kalau pemainnya yang dipersiapkan selama 50 hari di lapangan Polda NTT itu bermain sangat baik. Berangkat ke Darwin menumpang pesawat Airnorth, Jumat (15/9/2008), 18 pemain dan enam ofisial SSB Tunas Muda akan melawan NT U- 15 (Darwin), NT U-18 (Darwin) dan Timor Leste U-18.

Sebelum pertandingan, Tunas Muda melakukan uji coba melawan tim sepakbola warga Indonesia di Australia, Garuda FC (juara Divisi II Darwin), yang berakhir imbang 1-1.

"Sebelum pertandingan tim kita dibawa mengunjungi Darwin Senior High School. Setelah kunjungan, tim NTT dan Timor Leste diminta mengirimkan empat pemain untuk unjuk kebolehan di hadapan Menteri Urusan Hubungan Asia, Mr. Kon Vatskalis MLA. NTT mengutus Jevon Adu, Eugenio Soares, Fancy Abraham dan Ichsan Valendra. Ternyata pemain-pemain kita mendapat acungan jempol dari menteri, panitia dan penonton," jelas Anton Kia.

NTT mengawali pertandingan perdana melawan NT U-18 (Darwin) di Darwin Football Stadium, Larakia Park, Rabu (17/9/2008). Pertandingan dipimpin wasit dari Brisbane yang berusia tidak lebih dari 17 tahun dan asistennya seorang wanita dibantu Herman Wila dari NTT.

Dalam pertandingan ini, Tunas Muda kalah 1-3. Gol Tunas Muda dicetak Fancy Abraham, namun dua pemain Tunas Muda, Christo Penu dan Putra Fernandez mendapat kartu merah.

Pertandingan kedua, Tunas Muda melawan Timor Leste, Kamis (18/9/2008). Sebelum pertandingan, pemain kedua tim mengunjungi Art Award Darwin Museum dan Pusat Teknologi Olahraga Darwin NT. "Di pusat teknologi olahraga, para pemain mendapat pelatihan kilat teknik warming-up dan teknik peregangan. Sementara para pelatih mendapat kursus kilat bagaimana menghindari dehidrasi dan teknik mengembalikan kondisi pemain bila menghadapi pertandingan yang berat," jelas Anton.

Dalam pertandingan melawan Timor Leste, Tunas Muda kalah 1-2. Gol tunggal Tunas Muda dicetak Defrit Tenis. Tunas Muda menyelesaikan pertandingan penyisihan melawan NT U-15 (Darwin). Hasilnya, Jevon Adoe dkk menang 5-1 lewat gol Johanes Lebao, Christo Penu, Fancy Abraham, Mad Kikong dan Adiyanto Tangko. Kedua tim yang sama-sama dua kali kalah harus bertemu di perebutan peringkat ketiga, Sabtu (20/9/2008). Tunas Muda menang 4-2 lewat gol Rama Meno, Fancy Abraham, Mad Kikong dan Ichsan Valendra.

Dengan hasil ini, Tunas Muda menempati peringkat ketiga, sedangkan NT U-15 peringkat keempat. Juara direbut oleh Timor Leste yang mengalahkan NT U-18, 3-0. "Banyak pelajaran berharga yang dipetik dalam turnamen ini, yakni pengalaman bertanding, pengetahuan, budaya dan lainnya. Sebagai pelatih, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Propinsi NTT, Kota Kupang yang mengirim kami bermain di Australia," ujar Anton. (eko)

Posted in Label: |

0 komentar: