KONI Lembata Harus Fokus

POTENSI olahraga di Kabupaten Lembata sebenarnya cukup tinggi. Namun, KONI Kabupaten Lembata belum fokus untuk membina cabang-cabang olahraga potensial tersebut menjadi berprestasi. Untuk itu, ke depan KONI Kabupaten Lembata harus memilah cabang olahraga prioritas berdasarkan prestasi yang ditunjukan untuk dibina lebih intensif.

Demikian pendapat mantan pemain Perseftim Flores Timur dan Persebata Lembata, Leonard Betekeneng, S.E, di Kupang, Rabu (12/11/2008). "Saya tidak mau membandingkan Lembata dengan KONI kabupaten lain, apalagi dengan KONI Propinsi NTT. Contoh nyata potensi olahraga di Lembata, yakni penampilan Persebata dalam turnamen Piala Gubernur ini yang cukup simpatik. Kalau saja KONI dan pemerintah memberikan perhatian yang lebih baik terutama alokasi dana yang cukup, saya yakin Persebata akan lebih berprestasi," ujarnya.

Selain sepakbola, Leonard Betekeneng juga menyebut cabang sepaktakraw, tinju, pencaksilat, kempo dan taekwondo juga memiliki potensi untuk mengharumkan Lembata di event antar-kabupaten bahkan bisa ke tingkat nasional. Untuk itu, menjelang Pekan Olahraga Daratan Flores-Lembata (Pordafta) 2009 yang akan digelar di Maumere-Sikka, dia berharap agar sejak sekarang Pemkab dan KONI Lembata mulai menyiapkan atlet-atletnya.

"Kalau KONI dan Pemerintah mengeluh soal dana, maka pilihlah cabang-cabang yang kira-kira bisa berprestasi. Latihlah para atlet dari sekarang, perhatikan gizi, tambahan vitamin dan sedikit bonus untuk perangsang, saya yakin prestasi olahraga Lembata akan meningkat," ujarnya. (eko)

Posted in Label: |

0 komentar: