Rakor Pemuda dan Olahraga

Optimalkan Koordinasi dan Kerjasama

DALAM
pembinaan pemuda dan olahraga, pemerintah harus bertindak sebagai fasilitator. Untuk itu koordinasi dan kerjasama dalam pembinaan pemuda dan olahraga harus dioptimalkan demi mewujudkan pemuda yang sehat sebagai pelopor pembangunan. 

Demikian dikatakan Kepala Biro Kesejahteraan Sosial, Dr. Filemon da Lopez, dalam laporannya saat pembukaan rapat koordinasi (rakor) pemuda dan olahraga tingkat Propinsi NTT di Aula El Tari Kupang, Rabu (6/5/2009).

Filemon mengatakan, koordinasi untuk sinkronisasi pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan pemuda dan olahraga harus dilaksanakan secara terpadu, terarah dan berkesinambungan di lintas sektor maupun lintas program. 

Menurut Filemon, rakor tersebut diikuti 100 peserta dari unsus Dinas PPO, KONI dan organisasi pemuda. 

Wakil Gubernur NTT, Ir. Esthon L Foenay, M.Si. dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, berharap agar rakor tersebut menghasilkan rekomendasi-rekomendasi untuk ditindaklanjuti. Dia meminta masukan dan ide dari peserta rakor.

Pemuda dan olahraga, kata Esthon, tidak dapat dipisahkan sehingga dalam penyusunan program pembinaan harus ada sinergi antara pemerintah propinsi dengan kabupaten/kota. Untuk itu dia berharap organisasi-organisasi pemuda dan olahraga tingkat propinsi dan kabupaten/kota harus diperkuat dari segi kepengurusan maupun pendanaan.

"Harus ada regenerasi kepengurusan. Maksudnya adalah, berikan kesempatan kepada anak-anak muda yang lebih agresif dan inovatif untuk menjadi pengurus organisasi pemuda dan olahraga. Kita yang tua-tua cukup menjadi pengarah atau penasehat," ujar Esthon.

Kepala Bidang Keolahragaan Dinas PPO NTT, Drs. Ary Moelyadi, M.Pd, dalam materinya tentang peranan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan olahraga di NTT mengatakan, pemerintah bertanggungjawab dan wajib membina, mengelola dan mengembangkan olahraga prestasi. Hal ini, kata Ary, sesuai dengan amanat UU Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. (eko)

Posted in Label: |

0 komentar: