FOMI Produksi Senam NTT Jaya

FEDERASI Olahraga Masyarakat Indonesia (FOMI) Propinsi NTT, saat ini sedang memproduksi senam kreasi daerah yang diberi nama Senam NTT Jaya. Senam kreasi daerah ini adalah paduan dari tarian-tarian tradisional NTT menjadi gerakan senam yang diciptakan oleh pelatih senam dari FOMI Propinsi NTT.

Ketua Umum FOMI Propinsi NTT, Kristo Blasin, sebelum proses produksi dimulai, mengakui, menciptakan senam kreasi daerah merupakan bukti kalau FOMI NTT sangat peduli dengan kesehatan masyarakat. "Ini bukti bahwa FOMI NTT juga bisa berbuat sesuatu untuk masyarakat. Senam ini merupakan persembahan dari FOMI untuk masyarakat NTT yang merayakan hari ulang tahun ke-50," ujar Blasin, Senin (22/12/2008).

Secara terpisah, Ketua Harian FOMI Propinsi NTT, Drs. Samuel Hauteas mengatakan, penciptaan senam kreasi tersebut melibatkan berbagai elemen masyarakat olahraga di NTT. Menurutnya, gerakan-gerakan senam tersebut diambil dari tarian daerah di NTT seperti Tari Hegong (Sikka), Rokatenda (Ende), Taebenu (Rote Ndao), Pado'a (Sabu), Kataga (Sumba), Ja'i dan Sodagu (Ngada) dan Likurai (Timor).

"Untuk peragaan dilakukan oleh siswa-siswa SMAN 1 Kupang, SMAK Giovanni dan MAN Kupang. Untuk proses produksinya, kami mengambil beberapa lokasi seperti Gedung DPRD, Kantor Gubernur, rumah jabatan gubernur, SMAN 1, SMAK Giovanni, MAN, Pelabuhan Tenau dan Pantai Lasiana," jelasnya.

Setelah proses produksi, kata Hauteas, gerakan-gerakan senam ini masih akan dipresentasikan kepada pakar-pakar olahraga terutama fisiologi olahraga dan kesehatan olahraga. "Masukan dari para pakar ini akan kami pakai untuk membenahi gerakan-gerakan dalam senam. Harapan kami, dalam bulan Januari 2009 semua proses produksi sudah selesai," ujarnya. (eko)

Posted in Label: |

0 komentar: