Wasit Voli Kota Ikut Sertifikasi Nasional

PBVSI Kota Kupang mengirim tujuh orang wasitnya mengikuti sertifikasi tingkat nasional di Bandung, Jawa Barat, 10-19 Januari 2009. Mereka yang dikirim, yakni Dominggus Alexander, Ayub Leni, Yusuf Paradjami, Melkior Nenobahan, Dominggus Pinto, Yefta Benyamin dan Sipri Liunesi.

"Saya akan mengambil lisensi A, Ayub Leni lisensi B, sedangkan yang lainnya untuk lisensi C. Semua wasit yang dikirim ini sudah mendapat rekomendasi dari PBVSI Kota Kupang dan NTT," ungkap Sekretaris PBVSI Kota Kupang, Dominggus Alexander saat ditemui di Kupang, Rabu (7/1/2009).

Menurut Dominggus Alexander, dengan dikirimnya tujuh wasit ini, PBVSI Kota
Kupang akan memiliki 12 wasit bersertifikasi nasional. Pengiriman wasit untuk mengambil lisensi nasional, katanya, bermaksud agar kompetisi yang nantinya digelar di Kota Kupang dipimpin oleh wasit bersertifikasi.

"PBVSI Kota Kupang memiliki program-program untuk pembinaan pemain. Untuk itu, pembenahan organisasi sudah harus dilaksanakan, sehingga nantinya kompetisi yang digelar atau atlet yang direkrut dilaksanakan oleh yang berkualifikasi. Artinya, wasit yang memimpin pertandingan bersertifikat atau bukan asal comot dan juga dipimpin oleh orang yang berlisensi wasit," ujarnya.

Untuk kompetisi, katanya, PBVSI Kota Kupang meregistrasi semua turnamen yang digelar oleh instansi pemerintah maupun swasta sehingga jadwal pelaksanaannya bisa terkoordinir. "Kami akan menyurati penyelenggara turnamen yang pelaksanaannya sudah rutin dan cakupan pesertanya berada dalam Kota Kupang agar penyelenggaraannya melalui PBVSI Kota Kupang. Ini maksudnya agar jadwal penyelenggaraan maupun wasitnya diatur sehingga pembinaan atlet menjadi lebih terkoordinir," ujarnya. (eko)


Posted in Label: |

0 komentar: