21 Perguruan Ikut Kejurda Silat

SEBANYAK 21 perguruan dipastikan akan ambil bagian dalam kejuaraan pencaksilat antar-perguruan yang akan digelar di GOR Flobamora, Kupang, 16-21 Maret ini. Perguruan yang ikut berasal dari 16 pengurus kabupaten/kota IPSI di NTT dengan jumlah atlet mencapai 400 orang lebih. Demikian dikatakan Ketua Harian Pengprop IPSI NTT, Ir. Andre W Koreh, MT di Kupang, Kamis (12/3/2009).

Menurut Andre, kejuaraan ini akan mempertandingkan kategori pra remaja (usia 12-14 tahun), remaja (usia 14-17 tahun) dan dewasa (usia 17-35 tahun). "Untuk kategori pra remaja akan dimulai dari berat badan 28 kg, remaja dari berat 35 kg dan dewasa 45 kg ke atas, sehingga paling banyak di tiap kategori akan dipertandingkan delapan kelas," ujar Andre.

"Tujuan kami membagi peserta dalam tiga kategori ini adalah agar memantau kesiapan atlet pelapis. Artinya, kami ingin agar setelah atlet-atlet senior yang ada habis masa emasnya, pelapis sudah ada mulai dari lapis pertama dan seterusnya sesuai kategori umur. Selain kejuaraan ini, kejuaraan daerah dan event tetap lainnya akan terus digelar. Semakin banyak event yang digelar, atlet kita akan semakin bagus untuk mengasah kemampuannya. Ini sangat baik bagi mereka karena saat tampil di kejuaraan nasional mereka akan percaya diri karena sangat siap," ujarnya.

Secara terpisah, Wakil Sekretaris Pengprop IPSI NTT, Dominggus Haga, S.Pd, mengatakan, berdasarkan data yang masuk saat ini sudah ada sepuluh daerah, yakni Sumba Timur, Ngada, Ende, Sikka, Belu, TTU, Alor, Rote Ndao, Kupang dan Kota Kupang yang mengirim atletnya untuk bertanding. Sementara untuk Manggarai, Manggarai Barat, TTS, Lembata dan Flores Timur, katanya, belum ada konfirmasi keikutsertaannya.

"Ada 16 pengurus cabang yang kami undang untuk kejuaraan ini. Meski demikian, nantinya mereka bertanding tidak mewakili daerah tapi atas nama perguruan. Kalau semua perguruan di 16 kabupaten kota mengirim atletnya, paling sedikit akan ada 400 orang yang ikut dalam kejuaraan ini," jelas Haga.

Haga menambahkan, sesuai agenda semua kontingen sudah ada di Kupang, Sabtu (14/3/2009) karena pada Minggu (15/3/2009) akan diadakan pertemuan teknis dan penimbangan badan. "Untuk mendukung kesuksesan event ini, saat ini kami sedang mengadakan penataran dan pelatihan wasit juri sebanyak 25 orang. Para wasit ini akan mendapat sertifikasi wasit daerah kelas 3, 2 dan 1 dengan instruktur pelatihan, Ferdy Amatae, Hensi Lololau dan Azhar Tally," kata Haga. (eko)

Posted in Label: |

0 komentar: