Anak Didik Butuh Olahraga

Gerakan Hidup Aktif Nasional

TINGKAT
kebugaran jasmani anak didik yang optimal dapat dicapai melalui latihan fisik dan olahraga yang baik, benar, terukur, teratur dan terstruktur atau terprogram. Untuk itu, seorang anak didik butuh gerak atau olahraga agar dia mencapai tingkat kebugaran yang optimal. Demikian dikatakan Kasubid Kesegaran Jasmani, Departemen Pendidikan Nasional, dr. Indrarti, Sp.Ko, dalam sosialisasi Gerakan Hidup Aktif Nasional (Gerhana) di ruang rapat Bidang Keolahragaan Dinas PPO NTT, Rabu (18/3/2009).

Indrarti yang didampingi Kepala Seksi Olahraga Prestasi Dinas PPO, Rony Fernandes, S.E, mengatakan, untuk mendapatkan kebugaran tidak harus melalui olahraga yang serius, tetapi bisa lewat tarian daerah, atau kegiatan lain yang berhubungan dengan aktivitas fisik.

"Selama ini olahraga kesegaran jasmani yang dilakukan di sekolah tidak efektif. Anak-anak berolahraga sampai kelelahan, padahal yang mereka butuhkan adalah kesegaran jasmani yang membuat mereka bugar. Ini beda dengan olahraga untuk prestasi," jelasnya.

Dengan mengkampanyekan Gerhana, dr. Indrarti, mengatakan, diharapkan anak didik mengalami pertumbuhan tubuh secara optimal, peningkatan derajat kesehatan, penguatan otot dan tulang, perbaikan postur tubuh, peningkatan kemampuan jasmani dan peningkatan kreativitas, produktivitas dan peningkatan akademik. "Mengapa perlu adanya kampanye gerakan hidup aktif nasional? Karena berdasarkan penelitian, gaya hidup modern dan kemajuan teknologi cenderung membuat anak didik kurang gerak. Anak-anak lebih suka duduk berjam-jam di televisi, naik kendaraan daripada jalan kaki, kurangnya aktivitas bermain dan pola makan dengan gizi yang tidak berimbang. Untuk itu, anak harus diajak untuk aktif bergerak," ujarnya.

Rony Fernandes menambahkan, untuk NTT saat ini Gerhana dilakukan di sepuluh sekolah dalam Kota Kupang. "Untuk permulaan kami lakukan di sepuluh sekolah, yakni empat sekolah dasar, tiga SLTP dan tiga SLTA. Kita harapkan kalau ini berhasil bisa dikembangkan ke kabupaten dan kota di NTT," ujarnya. (eko)

Posted in Label: |

0 komentar: