Kuda NTT Juara di Pulo Mas

KUDA Badai Salju dan Pesona Karibia milik Johny Yappy dari Peternakan Sumba Darma Stable, Sumba Barat, milik Sukianto Untono, meraih juara dalam kejuaraan Kawalirang Memorial Cup 2009 di Gelanggang Pacuan Kuda Pulo Mas, Jakarta, 22 Februari. Badai Salju menjadi yang terbaik di kelas remaja kelompok II, sedangkan Pesona Karibia menjadi runner-up kelas perdana C/D.

Johny Yappy yang ditemui di kediamannya di Toko Murah-Kupang, Rabu (4/3/2009), mengungkapkan luapan kegembiraannya. "Sebenarnya, kami sama sekali tidak memiliki target saat mau mengikuti kejuaraan itu. Hanya berbekal semangat, kemauan dan kerja keras, dengan biaya sendiri kami hanya ingin berpartisipasi. Setelah juara, kami baru yakin bahwa meski kejuaraan di NTT hampir tidak pernah ada, namun ternyata potensi kita sangat besar. Bayangkan saja, kuda asli NTT ternyata mengalahkan kuda-kuda lain yang lebih bagus," kata Johny.

Menurut Johny, penampilan Badai Salju dan Pesona Karibia yang ditunggangi Agus sebagai joki dalam turnamen tersebut sungguh luar biasa. Agus, kata Johny, yang direkrut melalui seleksi ketat, ternyata mampu mengendalikan kedua kuda miliknya untuk mengalahkan kuda-kuda asal Jawa Timur, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Manado dan daerah lainnya.

Menurut Johny, kuda Badai Salju yang turun di kelas remaja kelompok II menempuh jarak 1.300 meter, keluar sebagai juara menyisihkan delapan lawannya di final. Sedangkan kuda Pesona Karibia keluar sebagai juara kedua di kelas perdana C/D dengan jarak tempuh 800 meter yang diikuti 12 kuda.

"Bagi kami, prestasi ini merupakan sebuah kebanggaan yang luar biasa karena kuda yang berasal dari kampung ternyata bisa berprestrasi di tingkat nasional. Semoga prestasi ini dapat memacu kami dan penggila kuda di NTT untuk dapat mengembangkan hoby agar meraih prestasi yang tinggi. Kita harus yakin bahwa kuda asal NTT mampu berprestasi asalkan ada kemauan untuk mengembangkannya," kata Johny. (eko)

Posted in Label: |

0 komentar: