Emas Pertama PON dari Catur

MEDALI emas pertama pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII 2008 dipastikan akan lahir dari cabang catur, Jumat (4/7/2008). Acara pembukaan pesta akbar olahraga nasional tersebut yang akan berlangsung di Stadion utama Palaran-Samarinda, Kaliamantan Timur, Sabtu (5/7/2008).

Cabang catur yang dipertandingkan dua hari sebelum pembukaan PON 2008, diawali dengan nomor catur cepat untuk memastikan peraih medali emas. Demikian siaran pers Humas PB Percasi Kristianus Liem dari Tarakan, Kaltim.

Catur cepat perorangan yang menggunakan sistem Swiss sembilan babak dimulai, Kamis (3/7/2008), mempertandingkan tujuh babak hingga malam hari dan dilanjutkan pada Jumat ini untuk babak tersisa.

Cabang catur dipertandingkan di Hotel Tarakan Plasa, Tarakan, 3-16 Juli 2008 diikuti 10 regu putri dan putra. Secara total cabang catur diikuti 90 atlet di antaranya 50 pecatur mengikuti kategori putra dan 40 putri yang datang dari 14 propinsi.

Sebelumnya, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora), Adhyaksa Dault persiapan penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XVII/2008 Kaltim belum memuaskan. "Masih ada banyak masalah. Padahal sejak awal saya sudah mewanti-wanti kepada panitia penyelenggara," ujarnya kepada wartawan di Palu, Rabu (2/7/2008).

Menteri mengemukakan, untuk mengantisipasi berbagai kendala teknis yang tidak terselesaikan, Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah mengerahkan hampir separuh stafnya ke Kaltim. Selain itu, ujarnya, dua deputi Menegpora sudah berada lokasi PON sejak beberapa hari lalu. "Jadi kalau ada apa-apa kita langsung take over," ujarnya. PON 2008 akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (ant)

Posted in Label: , |

0 komentar: