PON 2012 Hanya Pertandingkan Cabor Olimpiade

Bandung (ANTARA News) - Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 di Pekanbaru dipastikan hanya mempertandingkan cabang olahraga dan nomor yang dipertandingkan pada Olimpiade.

"PON XVIII di Pekanbaru hanya mempertandingkan nomor yang dipertandingkan pada Olimpiade, semuanya harus dari sekarang sehingga tidak jadi perdebatan lagi nantinya," kata Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) Adhyaksa Dault di Bandung, Rabu malam.

Hal itu menurut Menpora, sudah menjadi ketentuan dalam Undang Undang tentang keolahragaan di Indonesia dan harus dilaksanakan pada PON XVIII mendatang sehingga pembinaan olahraga lebih optimal.

Namun bila ada nomor-nomor pertandingan non olimpiade yang masuk cabor PON XVIII, maka klasifikasinya akan ditentukan dengan kriteria tertentu.

"Rencananya minggu depan saya akan rapat dengan KONI Pusat dan KONI daerah untuk mensosialisasikan rencana itu," kata Menpora.

Terkait kemungkinan munculnya penolakan dari KONI beberapa daerah di Indonesia, kata Adhyaksa Dault KONI daerah harus tunduk pada UU yang ada terkait olahraga.

"Kementerian Pemuda dan Olahraga memiliki otoritas untuk menetapkan jumlah cabor pada PON di masa mendatang," kata Menpora.

Ia menyebutkan, tidak bisa mengubah cabor PON XVII/ 2008 di Kaltim karena telah ditetapkan sebelumnya. Namun untuk PON XVIII akan dilakukan pengaturan cabor PON yang mengacu pada cabang pertandingan pada Olimpiade.

"Nantinya tak boleh lagi ada jual beli atlet," katanya.(*)

http://www.antara.co.id/arc/2008/8/21/menpora-pon-xviii-2012-hanya-pertandingkan
cabor-olim piade/

Posted in Label: |

0 komentar: