Atletik NTT Tambah Dua Atlet ke PON 2008

PENGURUS Besar PB PASI (atletik) akhirnya menerbitkan keputusan tentang jumlah atlet yang akan berlaga pada PON XVII 2008. Dari 300 orang atlet yang ditetapkan tersebut, NTT menambah dua orang atletnya, yakni Niko Silla (lari) dan Tersiana Riwu Rohi (jalan cepat) mendampingi Mery Paijo dan Adriana Waru yang sudah lebih dulu lolos. Demikian diinformasikan oleh Ketua Komisi Data dan Prestasi Pengprop PASI NTT, Ary Mulyadi di Kupang, Selasa (4/3/2008).

"Keputusan dari PB PASI ini adalah final dan tidak bisa dirubah lagi. Sejak kualifikasi lalu, sebenarnya sudah diketahui bahwa Niko dan Tersiana lolos ke PON, namun karena belum ada SK dari PB, maka PASI NTT belum berani mengumumkannya. Saya mau jelaskan bahwa Tersiana dan Niko lolos bukan atas dasar kuota dari PB PASI, tetapi karena mereka berprestasi. Niko dan Tersiana sama-sama merebut medali perunggu saat pra PON. Jadi kedua atlet ini benar-benar lolos karena prestasi di kualifikasi dan bukan karena jatah apalagi kuota dari PB," jelas Ary Mulyadi.

Mengenai persiapan Niko dan Tersiana, Ary Mulyadi mengatakan bahwa keduanya sangat siap. "Sejak awal tahun 2008 ini, Niko dan Tersiana sebenarnya sudah berlatih bersama Mery dan Adriana di bawah asuhan pelatih Pelatda PON. Artinya, dari sisi kesiapan tidak ada masalah, karena mereka sudah berlatih sesuai program pelatihan yang ada," jelasnya.

Ary yang juga Sekretaris Tim Pemantau Pelatda PON XVII 2008 itu, mengatakan, dengan lolosnya Niko dan Tersiana berarti jumlah atlet NTT yang lolos menjadi 47 orang.

Untuk diketahui, Tersiana Riwu Rohi adalah pemegang rekornas nomor jalan cepat 20 Km yang dicatatnya sejak tahun 2001 lalu. Sementara Niko Sila pada awal Desember 2007 lalu menempati posisi kedua tingkat Asia Tenggara dalam kejuaraan marathon di Singapura. **

Posted in Label: , |

0 komentar: