Saragih Juara Saroha Cup 2007

PECATUR tuan rumah, John Salmon Saragih menjadi yang terbaik dalam kejuaraan catur Saroha Cup V 2007. Saragih mencatat delapan poin dan berhak atas bonus uang Rp 2,5 juta serta sebuah piala dalam kejuaraan yang digelar Ikatan Keluarga Besar Batak (IKBB) Kota Kupang, yang berakhir, Jumat (23/11/2007).

Juara kedua ditempati oleh Abed Dillak MP dengan poin 7,5 yang berhak atas bonus Rp 2 juta. Pecatur tuan rumah lainnya, Hot Sihombing menempati posisi ketiga dengan poin 7 dan menerima uang Rp 1,5 juta. Sementara, Adrianus Moedak yang sebelumnya tampil sangat mengesankan hanya menempati posisi keempat dengan tujuh poin dan menerima uang Rp 1 juta.

Saragih menempatkan diri sebagai peraih poin tertinggi setelah dalam babak kesembilan di Kantor DPD Apjati NTT di Kupang, Jumat (23/11/2007), mengalahkan Master Nasional, Imanuel Seran. Penampilan Saragih dalam partai penentuannya ini cukup mengesankan. Kedua pecatur menciptakan bangunan Slavia yang penuh komplikasi di babak tengah. Saragih akhirnya menghentikan Seran terjadi pada langkah ke-53. Dengan hasil ini, Saragih dari sembilan kali main, tujuh kali menang dan dua kali remis. Saragih juga diberi predikat undefeat table player dan penjegal para master. Pasalnya, dalam kejuaraan ini, Saragih berhasil mengalahkan empat master.

Data dari panitia pertandingan, Oktaf Nubatonis dan Sony Sabuna, urutan juara Saroha Cup V 2007, yakni John Salmon Saragih (8), Abed Dillak (7,5), Hot Sihombing (7), Adrianus Moedak (7), Budi Kleden (7), Konne Dillak (6,5), Imanuel Seran (6,5), Ricky Mokoginta (6,5), Mess Hermanus (6,5), Oswald Siregar (6,5).

Turnamen ini ditutup oleh Ketua Harian KONI Propinsi NTT, Ir. Esthon L Foenay, M.Si di Depot Nelayan Kupang. Esthon Foenay dalam sambutannya mengatakan bahwa kejuaraan Saroha Cup telah memiliki kualitas nasional. Hal ini karena selain diikuti oleh enam orang master, juga bonus para juara cukup besar.

"Mudah-mudahan dengan kembali digelarnya kejuaraan Saroha Cup, dapat membangunkan semangat para atlet catur dalam meningkatkan mutu serta kualitas permainan catur yang berlevel nasional. Mewakili pemerintah dan seluruh masyarakat olahraga, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada IKBB Kota Kupang yang mau menggelar event ini," ujar Esthon. *

Posted in Label: |

0 komentar: