NTT Kirim Petinju ke STE 2008

PENGURUS Propinsi (Pengprop) Pertina NTT dipastikan akan mengirim petinju mengikuti kejuaraan Sarung Tinju Emas (STE) di Denpasar-Bali, akhir Maret ini. Para petinju yang dikirim terdiri dari dua wanita dan tujuh laki-laki. Demikian diungkapkan Sekretaris Pengprop Pertina NTT, Samuel Haning, S.H, M.H, saat dihubungi di Kupang, Senin (11/2/2008).

Menurut Haning, sesuai keputusan PB Pertina, petinju putra NTT yang direkomendasikan ke STE adalah Robinson Djo, Atris Neolaka, Gordon Lehi Mabileni, Yanto Fallo, Deni Hitarihun, Yohanes Ndoli dan Abniel Daniel. Sementara dua petinju wanita, yakni Ofir Faot dan Dewi Mamoh. Selain Robinson Djo dan Gordon Mabileni, kata Haning, petinju yang dikirim adalah yang akan mewakili NTT di PON XVII 2008 di Kalimantan Timur.

Untuk diketahui, Robinson Djo saat ini bergabung di pelatnas jangka panjang Ragunan Jakarta. Robinson pada tahun 2007 lalu dikirim oleh PB Pertina untuk berlatih di Kuba selama enam bulan. Sementara Gordon Mabileni adalah peraih medali emas kejurnas yunior 2006. Peserta STE sesuai ketentuan PB Pertina, kata Haning, adalah semifinalis kejuaraan nasional atau pernah mewakili Indonesia ke luar negeri.

"Bagaimanapun juga NTT harus mengirim atlet ke STE. STE adalah satu-satunya ajang bagi kita untuk try out menjelang pelaksanaan PON, sehingga ajang ini akan dijadikan ujicoba kemampuan petinju kita," kata Haning.

Mengenai persiapan, kata Haning, para atlet saat ini sudah bergabung dalam pemusatan latihan daerah (Pelatda) PON XVII 2008, sehingga tidak ada persoalan. "Semua atlet yang lolos PON harus siap untuk ajang ini. Kemampuan mereka akan diuji sebelum bertarung di PON, sehingga kami akan meminta mereka untuk berlatih dengan serius," tegas Haning.

Salah seorang atlet NTT, Yanto Fallo yang ditemui mengaku sangat siap bertarung di STE. "Kami sudah berlatih dengan keras, namun kalau tidak ada ajang try out, maka akan sia-sia. Dari STE ini, saya bisa tahu kekuatan lawan di PON," ujar Yanto yang sudah menyumbang satu emas dan dua medali perunggu untuk NTT dari ajang STE. *

Posted in Label: , |

0 komentar: